Sabtu, 05 Juli 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dengan tema Aku Dan Cita-Citaku

Hei.....
Pembaca yang Budiman....

Kali ini Suara Mahasiswa akan membicakan tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di mata pelajaran Matematika.

Sebelummya RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan  pengorganisasian  pembelajaran  untuk  mencapai  satu  kompetensi  dasar  yang  ditetapkan  dalam  Standar  Isi  dan  dijabarkan  dalam  silabus.  Maka  ringkasnya  RPP  adalah  rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling  luas mencakup 1 (satu) Komptensi Dasar  yang  terdiri  atas  1  (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.Untuk lebih jelasnya silahkan baca contoh RPP Matematika dibawah ini.....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013
           
            Satuan pendidikan                  : SDN 1 Ngargosari
            Kelas/ semester                       : IV / 2
            Tema/Subtema                        : Cita-citaku/Aku dan cita-citaku
            Pembelajaran                           : 4
            Alokasi waktu                         : 60 Menit

A.    Kompetensi Inti
KI.1     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI.2     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI.3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-            benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI.4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Matematika
3.15  Mengenal sifat dari garis paralel
Indikator
3.15.5  Menemukan garis paralel pada gambar
3.15.6  Memahami konsep sudut sehadap dan sudut bersebrangan

IPA
Kompetensi Dasar:
3.7   Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6  Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Indikator
3.7.1      Mengidentifikasi penggunaan salah satu sumber daya alam pada kehidupan sehari-           hari
4.6.4    Menyimpulkan sifat bahan yang berasal dari alam dan buatan

PPKn
Kompetensi Dasar:
3.2  Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di   rumah, sekolah dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
Indikator
3.2.1    Menjelaskan  aturan-aturan yang harus dijalankan saat kegiatan percobaan.
4.2.2    Mengikuti aturan berkendaraan umum.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah kegiatan eksplorasi, siswa mampu menyebutkan jenis sumber daya alam yang dimanfaatkan pada kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2.       Setelah kegiatan membuat batik jumputan, siswa mampu menjelaskan sifat bahan benda yang terbuat dari  sumber daya alam alami dan buatan dengan benar
3.  Melalui kegiatan eksplorasi, siswa mampu mengidentifikasi konsep dari sudut sehadap dan bersebrangan dengan benar.
4.   Melalui kegiatan percobaan, siswa mampu mengenal aturan-aturan yang ada dengan benar.
5. Setelah kegiatan percoban, siswa mampu menceritakan pengalamannya mengikuti aturan dengan  benar.

D.    Materi
1.      Memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada di lingkungan kita.
2.      Mengenal garis paralel.
3.      Mengetahui dan mematuhi dalam berkendara.
E. Sumber Pembelajaran,Media dan Alat
            Media      : bercerita,menyusun,mengelompokkan
            Alat         : benda-benda lingkungan sekitar,puzzle
            Sumber    : buku tematik untuk siswa,buku tematik untuk guru
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi           : Picture and picture
Metode           : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi kelompok (Discussion), Penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.       Orientasi
1.      Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdo’a.
2.      Mengecek kehadiran peserta didik.
b.      Motivasi
Guru memberikan cerita tentang BJ.Habibie.
c.       Apersepsi

1.      Guru mengulang sedikit materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang telah diajarkan.
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu siswa mampu







10 Menit
Inti
1.      Guru memberikan pertanyaan kepada siswa  tentang batik.
2.      Guru membagi menjadi 4 kelompok.
3.      Guru membagikan sketsa gambar batik yang belum jadi.
4.      Guru menyuruh siswa menghubungkan titik-titik pada sketsa gambar batik sehingga menjadi sketsa gambar batik yang jelas.
5.      Siswa  disuruh menempel kertas pada skesta gambar batik tersebut untuk membedakan motif-motif batik.
6.      Dalam motif batik terdapat garis-garis paralel,
7.      guru memberikan potongan-potongan puzzle kepada beberapa siswa lalu siswa yang mendapat potongan puzzle disuruh maju untuk menyusun puzzle tersebut.
8.      guru menyuruh siswa untuk menyebutkan nama sudut yang mereka tempel.
9.      siswa disuruh mengelompokkan antara sudut sehadap dan sudut berseberangan.
10.  guru menjelaskan pengertian sudut sehadap dan berseberangan.
11.  guru bersama-sama dengan siswa mencari sudut-sudut sehadap dan berseberangan yang ada di dalam kelas.
12.  guru bersama-sama dengan siswa menyebutkan apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan dalam melakukan kegiatan menempel motif.
13.  guru menjelaskan tentang peraturan
14.  guru memberi salah satu contoh peraturan yaitu peraturan berkendara
15.  siswa menyebutkan apasaja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan dalam berkendara.













40 Menit
Penutup
1.      Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu. (simpulan)
2.      Peserta didik  melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini dengan   mengungkapkan  perasaan dan manfaatnya. (refleksi).
3.      Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (evaluasi).
4.      Guru melakukan penilaian dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan. (evaluasi).
5.      Guru memberikan penghargaan terhadap hasil belajar siswa.
6.      Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghormati keanekaragaman suku bangsa  dan budaya di Indonesia, menumbuhkan rasa peduli sosial yang tinggi, dan bijaksana dalam perbedaan yang ada. (evaluasi).
7.      Guru memberikan tindak lanjut berupa pengayaan, remidial, dan penugasan. (usaha tindak lanjut).
8.      Guru menginformasikan kegiatan belajar untuk hari berikutnya. (usaha tindak lanjut)
9.      Salam dan doa penutup.














10 Menit


H. Penilaian
     Penilaian proses                 : dilakukan selama proses pembelajaran
     Penilaian hasil belajar        : tertulis, lisan dan praktik

                                                                                                Surakarta,...... Mei 2014
Mengetahui
            Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas


Yulia Maftuhah, S.Pd., M.Pd                                                         
                                                                                                            A510120...

1.      Daftar Periksa IPA
Kriteria
Sudah
Belum
Menulis sumber daya alam dan memanfaatkannya sehari-hari.


 Menemukan perbedaan motif-motif batik.



2. Daftar Periksa Matematika
Kriteria
Sudah
Belum
Menemukan konsep sudut sehadap.


Menemukan konsep sudut bersebrangan.


Menemukan contoh sudut sehadap lain.


Menemukan contoh sudut bersebrangan lain.



3. Daftar Periksa PPKn
Kriteria
Sudah
Belum
Menuliskan hal-hal yang boleh dilakukan saat berkendara


Menuliskan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berkendara.


Menuliskan manfaat mematuhi aturan.



 Terima Kasih...
Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar